Artikel
img 20220306 wa0039

Art:1 New Museum, museum seni terbaik Jakarta

Museum Art: 1 New Museum adalah sebuah museum khusus untuk memamerkan benda-benda seni. Pada awalnya museum ini hanya berupa galeri seni pribadi yang bernama Mon Decor. Pendiri galeri tersebut ialah Martha Gunawan, galeri tersebut dibangun pada tahun 1983.

Galeri tersebut kemudian berganti nama menjadi Art: 1 New Museum pada tahun 2009, dan di resmikan oleh Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo pada tahun 2011. Museum ini juga memiliki ruang seni dan institusi seni. Jumlah koleksinya lebih dari 2500 karya seni.

Kegiatan yang dilakukan di dalam museum berupa pameran seni, seminar seni, diskusi, lokakarya dan apresiasi seni. Pada Galeri Art Space:1 dipergunakan untuk seniman muda, yang karyanya ditampilkan selama 2 sampai 4 minggu. Hal itu bertujuan untuk memperkenalkan seniman berbakat baru.

Art;1 New Museum sendiri menampilkan karya seniman Indonesia yang dianggap penting bagi perkembangan dan sejarah seni Indonesia. Hasil karya ini menjadi karya permanen museum, kolektor, serta institusi.

Sejak berdirinya museum hingga tahun 2022, museum telah banyak mengumpulkan karya-karya. Bahkan, galeri ini diakui sebagai The Best Gallery of the Year Award 2010. Selain itu, Art;1 Museum juga menyandang gelar galeri favorit di Amica Indonesia Award.

Art:1 New Museum berada di Jalan Rajawali Selatan Raya No.3, Kemayoran, Jakarta Pusat. Museum ini dibuka untuk umum, disini dapat membeli tiket masuk dengan harga mulai dari Rp 50.000 (mahasiswa) sampai Rp 75,000 (pengunjung umum).

Selain untuk menampilkan karya seni, beberapa ruangan di museum ini juga disewakan untuk umum. Pengunjung dapat menyewa museum ini untuk kegiatan pribadi, seperti acara ulang tahun, peragaan busana, atau makan malam pribadi. Kuota yang tersedia maksimal 100 orang.

Instagram : art1newmuseum
Jam operasinal : Sabtu & Minggu 10.00 - 17.00 WIB


Foto : Ella
Sumber : Wikipedia, Tribunnewswiki.com, jejakpiknik.com
Artikel Art:1 New Museum, museum seni terbaik Jakarta