Artikel
scbd at night

Konsep smart living yang semakin diminati masyarakat modern

Konsep hunian smart living saat ini semakin diminati oleh masyarakat modern. Konsep smart living sejatinya adalah otomatisasi berbagai aspek dalam hidup mulai dari rumah / hunian, transportasi hingga keseluruhan kota.

Pertumbuhan sektor properti mulai dari gedung komersial, apartemen hingga perumahan terus meningkat dan tidak sedikit pengembang properti menawarkan konsep smart living sebagai nilai jual.

Hal itu dinilai selaras dengan aktivitas masyarakat perkotaan yang dituntut serba cepat dan praktis. Bagi anda yang ingin mulai menerapkan smart living concept, berikut kami rangkum aspek-aspek yang harus dipahami untuk mewujudkan rumah cerdas ;

KENYAMANAN
Salah satu aspek yang patut diperhatikan dalam menciptakan smart living home adalah kenyamanan. Hal ini merupakan filosifi sekaligus fungsi dasar yang wajib untuk memenuhi kebutuhan rasa nyaman penghuninya.

Hal itu bisa diwujudkan dengan melakukan beberapa hal, mulai dari mengatur pencahayaan, tata letak perabotan, memilih cat yang memberikan energy positif. Anda juga dapat menerapkan teknologi dengan memasang perangkat otomatis yang dapat disambungkan dengan ponsel. Misalnya, pendingin ruangan, lampu, mesin cuci dan peranti dapur yang bisa dinyalakan secara otomatis

KEAMANAN
Aspek lain yang tak kalah penting dalam menciptakan hunian smart living adalah keamanan. Pada aspek ini, smart living biasanya dihadirkan dengan menambahkan perangkat teknologi ke dalam hunian. Penghuni bisa menerapkan sistem kunci ganda sembari memasang teknologi pemantau, alarm, kunci otomatis, dan mengoptimalkan penerangan di area rumah.

SEHAT
Dalam konsep hunian smart living, aspek sehat dapat diwujudkan dari segi arsitektur dan bentuk bangunan. Adapun hunian yang sehat harus memiliki sistem ventilasi yang baik untuk memungkinkan aliran udara mengalir dengan mudah di dalam rumah.

Selain menjamin kualitas udara, kebutuhan akan cahaya alami dari sinar matahari juga harus diperhatikan untuk menjaga kesehatan penghuni rumah. Salah satu yang bisa dilakukan adalah memasang jendela kaca berukuran besar, ini juga efektif untuk mengurangi pemakaian listrik.

Tak hanya itu, sistem drainase dan tempat pembuangan sampah juga harus diperhatikan agar lingkungan rumah tetap bersih dan sehat.

EFISIEN
Inovasi bangunan yang lebih compact namun tetap berfungsi dengan baik, jadi hal yang wajib dalam smart living concept. Selain bangunan, lokasi strategis dan dekat dengan berbagai fasilitas publik serta infrastruktur vital adalah ciri hunian smart living.

Kawasan superblok, kota mandiri, hingga properti yang terintegrasi dengan area terpadu atau TOD, adalah bukti bahwa konsep smart living semakin gencar memasuki pasar properti.


Doc : Bambang
Sumber : Kompas.com, Bisniscom, apartemen-jakarta

Artikel Konsep smart living yang semakin diminati masyarakat modern

Powered by IKT - 0.058s to generate this page